Teknik Cepat Modeling Dinding dan Plesteran Menggunakan SketchUp

Teknik Cepat Modeling Dinding dan Plesteran Menggunakan SketchUp

Teknik Cepat Modeling Dinding dan Plesteran Menggunakan SketchUp merupakan salah satu tutorial yang diambil dari kelas online yang ada di WG Academy dan bagian dari kelas “Membuat Detail Gambar Kerja Bangunan Menggunakan Layout SketchUp Pro” dan Andapun bisa juga mengikuti kelas tersebut dengan mengunjungi website WG Academy.

Teknik Cepat Modeling Dinding dan Plesteran Menggunakan SketchUp

Memodelkan bangunan untuk konstruksi pada SketchUp sangatlah berbeda dengan memodelkan bangunan yang difungsikan sebagai bahan rendering. SketchUp memiliki tools yang sangat baik dalam memproses modeling dari 2D ke 3D secara keseluruhan termasuk dalam materi ini bagaimana sebuah bangunan dengan nyata di modelkan baik itu dinding batu bata nya dan juga plesterannya.

Kelas online: Membuat Detail Gambar Kerja Bangunan Menggunakan Layout SketchUp Pro

Anda yang berprofesi sebagai seorang drafter akan dimanjakan dengan teknik modeling 3D dimana bila Anda menggunakan software lain seperti AutoCAD maka Anda akan belajar membuat 2D terlebih dahulu namun dengan SketchUp Anda bisa menggambar 3D dan melakukan 2D belakang termasuk pada materi kelas ini.

Membuat Dinding dan Plestersan Menggunakan SketchUp untuk Estimator

Sangat baik sekali bila Anda merupakan seorang estimator dimana tidak diperlukan lagi perhitungan secara manual dimana efisiensi waktu yang perlu diperhitungkan disini. Dengan memodelkan secara detail bangunan menggunakan SketchUp dalam kasus ini adalah dinding bata dan juga plesterannya maka Anda akan dengan mudah menganalisa volumenya dikemudian hari.

Volume bangunan yang diperuntukkan sebagai dasar perhitungan Rencana Anggaran Biaya atau RAB dapat dengan cepat dan mudah saat Anda mengetahui persis dalam model 3D dan SketchUp dapat melakukannya dengan baik sekali.

Lihat video: Modeling Atap Carport Kayu Menggunakan SketchUp LayOut

Bangunan yang dimodelkan secara 3D juga bisa dibuat 2D nya menggunakan LayOut SketchUp dan tentunya ini sangat efisien sekali dan tidak perlu berpindah-pindah software. Semua software untuk desain arsitektur sebenarnya hampir sama fungsinya namun semua itu tergantung dari user atau pengguna software tersebut.