Review MAKSIPro Software RAB Buatan Indonesia Karya Anak Bangsa

Review MAKSIPro Software RAB Buatan Indonesia Karya Anak Bangsa

Review MAKSIPro Software RAB Buatan Indonesia Karya Anak Bangsa ini merupakan sebuah software yang baik dan mudah digunakan dalam proses penyusunan Rencana Anggaran Biaya Bangunan dan lebih baik daripada berbentuk SpreadSheet Excel yang mana dalam proses penyusunan masih secara manual.

Review MAKSIPro Software RAB Buatan Indonesia Karya Anak Bangsa

Dalam Video Review ini MAKSIPro yang di uji adalah versi Starter Package dimana dari sisi tampilan software dirasa kurang baik dalam pengolahan UI atau User Interfacenya dimana software ini tergolong jadul atau jaman dulu banget dan tidak modern sama sekali.

Lihat tutorial: Profile Builder 2 Menghitung Volume Batu Bata Pada Bangunan

Yang perlu dipahami adalah bahwa software ini diperuntukkan hanya untuk sebagai penyusun RAB atau Rencana Anggaran Biaya Bangunan dan tidak untuk menghitung volume pada bangunan dan karena sifatnya sebagai penyusun maka software inipun memang masih banyak kekurangannya.

Menghitung RAB Menggunakan MAKSIPro Starter Package

Untuk bangunan satu lantai, menggunakan Starter Package sudah sangat cukup dimana tidak perlu banyak analisa satuan bahan. Dari sisi harga, software MAKSIPro tergolong sangat mahal dimana versi tertingginya yaitu Corporate harganya kurang lebih Rp. 7.500.000,-. Fitur apa saja yang dibawakan oleh MAKSIPro sendiri bisa dilihat pada gambar berikut.

Review MAKSIPro Software RAB Buatan Indonesia Karya Anak Bangsa

Bila melakukan pencarian melalui Google maka tidak ditemukan informasi tentang pengembangan software ini, dimana untuk sementara bisa disimpulkan bahwa karena terlalu mahalnya kemungkinan besar sedikit pengguna yang menginginkan karena dengan menggunakan EXCEL atau software SpreadSheet lain bisa dengan mudah bila hanya difungsikan sebagai penyusun RAB saja.

Lihat tutorial: Review Profile Builder 2 untuk SketchUp Studi Kasus Modeling Pondasi Batu Kali

MAKSIPro memang memang di database dimana analisa tertulis cukup lengkap didalamnya dan hanya tinggal memindah bagian-bagian yang digunakan dalam RAB saja yang akan ditampilkan dan dengan perkembangan teknologi sekarang, software MAKSIPro juga memiliki kendala lain lagi dimana software ini dibangun menggunakan visual basic 6 yang merupakan teknologi jadul milik microsoft untuk membangun sebuah software. Bagi pengguna OS / Operating System Windows 7 keatas akan menemukan masalah yang mana beberapa menu tidak bisa diakses. Namun pada video review tersebut menu dapat diakses dengan sempurna dengan menambal beberapa celah.

Lihat tutorial: Review Profile Builder 2 untuk SketchUp Studi Kasus Menghitung Volume Bangunan

Sepertinya support yang kurang membuat software ini tidak begitu terkenal dikalangan kontraktor namun karena nama dan kata kunci software RAB atau software Rencana Anggaran Biaya lah yang menjadikannya banyak dicari termasuk crack MAKSIPro yang memang tersedia dan bisa digunakan dengan bebas.