Modeling Reinforcement Menggunakan SketchUp

Modeling Reinforcement Menggunakan SketchUp

Modeling Reinforcement Menggunakan SketchUp yang merupakan untuk detail konstruksi pada struktur bangunan rumah tinggal ataupun gedung yang tinggi. Bila Anda berasal dari Teknik Sipil mungkin dapat dengan lebih jelas memahami tulangan pada struktur bangunan atau Reinforcement.

Modeling Reinforcement Menggunakan SketchUp

SketchUp selain digunakan oleh Arsitek untuk memodelkan bangunan juga bisa digunakan oleh Engineer sebagai pemodelan detail struktur. Nantinya gambar detail struktur bisa di estimasi dengan plugin tambahan pada SketchUp dan untuk menentukan Anggaran Biaya.

Lihat tutorial: Profile Builder 2 Menghitung Volume Batu Bata Pada Bangunan

SketchUp di Indonesia lebih dikenal untuk modeling dan rendering namun sedikit yang menggunakannya untuk detailing baik itu untuk membuat gambar kerja ataupun yang lainnya.

Tutorial SketchUp Modeling Reinforcement Indonesian

Pada tutorial ini di demokan bagaimana membuat sebuah tulangan untuk pondasi plat atau pondasi sepatu yang umum di gunakan pada rumah dua lantai ataupun satu lantai yang ada di Indonesia. SketchUp memang memudahkan user untuk membuat kostumisasi dari bentuk yang sudah ada secara nyata untuk dijadikan sebuah model 3D pada software SketchUp. BIM atau Building Information Modeling membuat semuanya menjadi menyenangkan termasuk yang ada pada SketchUp itu sendiri.

Lihat tutorial: Review Profile Builder 2 untuk SketchUp Studi Kasus Modeling Pondasi Batu Kali

Anda bisa membuat standart untuk perusahaan Anda sendiri menggunkan SketchUp dimana model-model dikumpulkan menjadi satu untuk dijadikan ASET dalam proses modeling menggunakan teknik BIM yang mana banyak keuntungan yang didapat nantinya. Salah satunya sudah dicontohkan pada video dimana tulangan atau reinforcement dibuat modelnya menjadi 3D utuh untuk dianalisa.